Minggu, 04 Desember 2016

Asam Urat Adalah Penyakit Serius

Asam urat adalah merupakan senyawa turunan purina dengan rumus kimia C5H4N4O3 serta rasio plasma antara 3,6 mg/dL (~214µmol/L), lalu 8,3 mg/dL (~494µmol/L) (1 mg/dL = 59,48 µmol/L). Asam urat dalam bahasa inggris disebut uric acid, urate. Kalo yg sedang anda cari adalah mengenai penyakit asam urat maka silakan baca artikel sini sampai habis. Sekaligus saya juga menjual minuman herbal untuk meluruhkan penyakit asam urat.
Asam Urat Adalah Penyakit Serius
Penyakit Asam Urat

Asam Urat , Apa Itu?

Penyakit asam urat adalah merupakan akibat dari makan makanan mengandung banyak zat purin. Zat Purin diolah tubuh menjadi asam urat, tapi jika kadar asam urat berlebih, ginjal tidak mampu mengeluarkannya sehingga membentuk kristal asam urat menumpuk di persendian. Akibatnya sendi-sendi terasa sakit nyeri, bengkak besar hingga meradang.

Kelebihan ( hiperurisemia, hyperuricemia ) maupun kekurangan (hipourisemia, hyporuricemia) kadar asam urat dalam plasma darah ini sering menjadi tanda adanya penyakit pada tubuh. Asam urat adalah produk terakhir lintasan katabolisme nukleotida purina, sebab tiadanya enzim urikase yg mengkonversi asam urat menjadi alantoin. Celakanya, kadar asam urat berlebih dapat menimbulkan penyakit batu ginjal dan / pirai dipersendian.

Asam urat adalah penyakit dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yg dikonsumsi. Purin merupakan zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup atau makanan hewani. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lantas karena kita seringkali memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita. Berbagai sayuran, buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Asam urat menyerang pada usia tua karena penumpukan bahan purin.

Asam Urat Dan Faktor-Faktornya

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang memiliki kadar asam urat tinggi membahayakan tubuh sbb:

  1. Gaya Hidup buruk. Konsumsi makanan mengandung purinp tinggi, konsumsi alkohol, dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. 
  2. Kondisi Medis. Kondisi medis seperti tekanan darah tinggi, diabetes, hiperkolesterolemia, sering dikaitkan dengan kasus asam urat. 
  3. Penggunaan Obat-obatan. Pemakaian obat seperti diuretik, aspirin harus diperhatikan, dikonsultasikan ke dokter karena dapat meningkatkan jumlah asam urat. 
  4. Faktor Genetik. Beberapa orang yang memiliki riwayat keluarga dengan sejarah asam urat juga merupakan salah satu faktor risiko kena penyakit asam urat. 
  5. Usia tua dan Jenis Kelamin. Pria memiliki risiko lebih besar untuk terkena gangguan radang karena asam urat, tapi wanita yg telah memasuki masa menopause juga memiliki risiko yang sama besarnya dengan priatentang penyakit asam urat .

0 komentar:

Posting Komentar